Anderol FG S : Pelumas kompresor foodgrade berkualitas dengan harga kompetitif

ANDEROL® Specialty Lubricants, adalah salah satu divisi pelumas yang di miliki oleh LANXESS, saat ini memiliki produk yang unik yaitu oli kompresor foodgrade semi-synthetic kualitas tinggi yang memberikan performa yang prima dengan harga yang kompetitif.

Banyak yang bertanya apa sih sebenar nya semi-synthetic food grade oils ? Di formulasikan dari campuran severely hydrotreated, hydrocracked (Group III) base oils dan menghasilkan produk yang ter olah dengan baik dan kualitas tinggi. Produk ini di tingkatkan lagi dengan di campuran premium synthetic esters dan additive dengan tekonologi yang telah terbukti kinerja nya, seperti meningkatkan viscosity, ketahanan terhadap keausan pada suhu  tinggi , dan stress levels. Selain itu juga meningkatkan kemampuan detergency, sehingga tercapai pelumasan mesin yang bersih. ANDEROL®’s FG S Series menawarkan kelebihan yang sifat nya mirip dengan pelumas premium full synthetic namun dengan harga yang lebih murah. Hal ini menjadi kan daya tarik tersendiri bagi para pelanggan yang membutuhkan pelumas food grade dengan harga yang kompetitif.

Kompatibilitas juga di jamin oleh produk ANDEROL® FG S-Series lubricant dan tidak di perlukan perlakuan khusus pada saat berpindah dari pelumas berbasis mineral oil contoh nya seperti pada  cat,  seals, gaskets dan hoses.

Pada uji coba di lapangan memperlihatkan bahwa oil life dari ANDEROL® FG S-Series ISO VG 46 and ISO VG 68 dapat mencapai  6,000 jam bahkan bisa mencapai setinggi 10,000 jam.

Produk ANDEROL® FG S-Series memberikan hasil yang sangat baik dalam pengetesan di bandingkan pada produk mineral competitor. (lihat table)

Anderol FG S wear test
Anderol FG S wear test

Pada pengujian 4-ball wear test untuk mengevaluasi property dari anti wear pada sebuah pelumas, ANDEROL® FG S-Series 46 unggul terhadap competitor nya. Pada nilai Scar diameter ANDEROL® FG S-Series mendapatkan angka 0.35 mm padahal ambang batas nilai minimal sebuah produk pelumas memiliki kadar proteksi yang baik adalah 0.5 mm kebawah.

Tingkat volatilitas dari sebuah pelumas dapat di nilai dari karakteristik penguapan nya; semakin tinggi tingkat volatilitas nya maka pada saat terjadi kenaikan suhu sedikit maka sejumlah molekul hydrocarbon juga ikut menguap. Penguapan ini mengakibatkan kenaikan pada viskositas terutama di suhu tinggi. Selain itu pelumas ber volatilitas tinggi juga berarti mudah terbakar. Lapisan film yang di miliki oleh pelumas mengalami kerusakan pada silinder dan mengakibat kan keausan dan meningkat nya konsumsi pelumas.

Pada test berikut melihat persentasi penguapan yang terjadi pada saat di panaskan di suhu 100°C selama 22 jam adalah 1.8 % untuk produk ANDEROL® FG S-Series ISO 46 di bandingkan produk pelumas mineral lain nya yaitu 7.8 %.

Hasil yang memuaskan juga di dapatkan oleh produk ANDEROL® FG S-Series ISO 46 pada pengujian Thermal Oxidation stability P DSC; tes ini untuk menentukan awal terbentuk nya degradasi oksidasi. Semakin lama waktu terjadi nya oksidasi berarti produk itu memiliki kualitas yang lebih baik.

Pada tes kali ini dengan kondisi 1-4 mg, 200°C, heat rate 100°C/min., 500 psi oxygen, produk ANDEROL® FG S-Series ISO 46 menunjukkan hasil tes oksidasi yang lebih baik; stability (106) versus standard mineral oil (87).

Anderol FG S oxidation stability test
Anderol FG S deposti control test (figure 1)

Selain membahas tentang service life, tentu hal penting lain nya adalah membahas tentang deposit control. Anderol FG S 46 memberikan deposit dan sludge control yang sangat baik dibandingkan dengan produk competitor. (lihat figure 1). Performa dan thermal oxidation stability test (lihat figure 2)

Anderol FG S oxidation stability test
Anderol FG S oxidation stability test (figure 2)

Semua sample di letakkan di cawan petri, di panas kan sampai 220°C dan di monitor.

Setelah 8 jam kemudian ANDEROL® FG S-Series ISO 46 memiliki warna yang lebih terang dibanding competitor, yang arti nya memiliki tingkat thermal stability yang lebih baik. Selain itu juga tidak terlihat terbentuk nya sedimen pada sample; bahkan setelah sekian jam kemudian warna nya tidak berubah terlalu banyak sedangkan milik competitor semakin gelap warna nya.

Setelah 12 jam belum terbentuk formasi polymer/deposit. Anderol FG S 46 membuktikan bahwa pelumas foodgrade dapat memberikan  level performa yang tinggi namun juga dapat menurunkan biaya maintenance dan minimal oil waste.

Berikut kelebihan ANDEROL® FG S-Series di banding kan terhadap mineral oils :

  • Lower cost (total cost of ownership)
  • Energy savings of up to 4%
  • Synthetic grade protection for expensive equipment
  • Superb deposit and sludge control
  • Cleaner machinery conditions
  • Excellent thermal and oxidative stability
  • Superb lubrication and cooling properties
  • Excellent heat transfer properties
  • High stability even in extreme conditions
  • High-temperature shear stability
  • Low volatility for longer life
  • Good demulsibility and foaming resistance
  • Excellent high/low temperature performance
  • Elimination of seasonal oil changes
  • Cooler compressors
  • Extended drain intervals
  • Extended lifetime (an additional 2,000 hours)

Segera kontak tech sales kami untuk informasi lebih lanjut mengenai ANDEROL® FG S-Series  dan cara berpindah dari pelumas mineral biasa ke pelumas foodgrade berkualitas tinggi dan harga kompetitif.

Sign Up for Our Newsletters

Get notified of the best article and news on Anderol Food Grade products

Leave a Reply