Bagaimana cara memilih grease gun ?

cara memilih grease gun

Bagaimana cara memilih grease gun ?

Dalam proses pemilihan grease gun ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antar lain seberapa banyak grease yang akan di gunakan dan mesin apa yang akan di lumasi. Beberapa pilihan yang paling popular adalah grease gun yang di operasikan secara manual, pneumatic dan menggunakan battery.

Manual grease guns (lever and pistol-grip types) yang paling sering di pilih apabila digunakan untuk low-volume greasing. Tipe ini juga cocok apabila di gunakan pada program ultrasonic greasing yang mengkonversi vibrasi menjadi audible frequencies sehingga memberikan peringatan kepada teknisi apabila jumlah pelumas yang di berikan telah mencukupi.  Grease gun dengan lever style biasa nya dapat mengeluarkan grease lebih banyak per stroke namun membutuhkan dua tangan untuk menggunakannya, sedangkan pistol-grip style dapat di gunakan dengan satu tangan saja.

Manual grease guns dapat mengeluarkan grease dengan kecepatan rendah, yang arti nya teknisi lebih dapat mengontrol jumlah pelumas yang di aplikasikan. Selain itu bentuk dan berat nya termasuk kecil dan ringan sehingga mudah di bawa dan di gunakan di ruang sempit.

Battery-operated dan pneumatic style grease guns dan mencegah kelelahan pada  operator serta cocok untuk volume pelumasan yang besar. Namun kurang cocok apabila di gunakan bersama program ultrasonic greasing karena jumlah grease yang di keluarkan di kontrol oleh mesin dan bukan operator. Kemudian untuk model pneumatic, kurang nyaman karena ada nya selang angin yang senantiasa terpasang.

Hal lain yang harus di ingat adalah memberikan label secara tepat pada grease gun, tipe grease dan berapa banyak grease per stroke. Kode warna sering di gunakan dalam pemberian label, warna pada grease gun menetukan tipe pelumas yang ada di dalam nya. Grease gun dengan body transparan dapat memudahkan operator untuk membaca tipe grease pada tube sehingga tidak melakukan kesalahan.

Untuk menentukan jumlah grease per stroke, dapat di lakukan kalibrasi dengan cara menimbang jumlah grease yang keluar dengan timbangan digital. Sehingga dapat di ketahui berapa gram grease yang keluar dalam 1 stroke.

 

Sign Up for Our Newsletters

Get notified of the best article and news on Anderol Food Grade products

Leave a Reply